Inspektorat Daerah Rembang – Penghargaan bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terbaik dan Tim Pengawas Terbaik TA.2023 digelar Inspektorat Rembang, Kamis (15 Februari 2024) pagi di Aula Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang dan dihadiri oleh seluruh staf.

Inspektur Rembang, Imung Tri Wijayanti, SP., MT., MA. dalam sambutannya mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut penguatan kapabilitas APIP dalam rangka pemberian reward and punishment di lingkungan inspektorat Kab. Rembang.

“Adanya kegiatan ini kami harapkan dapat memacu semangat APIP dalam pengembangan diri dan meningkatkan kinerja, baik secara individu maupun sebagai tim,” katanya.

Perkembangan teknologi, perubahan lingkungan pemerintahan, dan perubahan ketentuan memberikan konsekuensi terhadap peran dan fungsi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang perlu didukung dengan SDM yang semakin kompeten.

Sementara Ali Sahid, S.P., M.Si. Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang menjelaskan dasar hukum dilaksanakan kegiatan tersebut berdasarkan Keputusan Inspektur Daerah Kabupaten Rembang Nomor 700/009/2024 tentang Penetapan APIP Terbaik di Lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang Tahun 2023 dan Keputusan Inspektur Daerah Kabupaten Rembang Nomor 700/010/2024 tentang Penetapan Tim Pengawas Terbaik di Lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang Tahun 2023.

Penilaian APIP Terbaik dan Tim Pengawas Terbaik dilakukan oleh tim penilai  Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang dengan mempertimbangkan unsur-unsur yang meliputi:

  1. Kualitas Kerja APIP
  2. Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaan
  3. Etika Terhadap Atasan
  4. Kerjasama dengan Rekan Kerja
  5. Integritas
  6. Inisiatif

Penilaian ini sekaligus menjadi bahan evaluasi atas kompetensi APIP dalam melaksanakan pengawasan. APIP harus bisa menjadi mitra strategis yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan pemerintahan serta untuk mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada birokrasi yang responsif, bersih dan bermanfaat (clean government).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *